Sosialisasi dan Persiapan PVB Jawa Barat Tahap 1

JABAR PEVOBE.  Acara sosialisasi PeVoBe Jawa Barat, dihadiri beberapa perwakilan dari kampus utama dan sub kampus beserta perwakilan dari SEAMOLEC yang dipimpin oleh Manajer IT Konten, Dewi Sopiah. *)

Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang menyampaikan bahwa kesiapan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam menyelenggarakan program PeVoBe ini, yang pada mulanya dikenal dengan istilah SEAMLESS. Dewi Sopiah perwakilan dari SEAMOLEC melanjutkan dengan memberikan pengarahan teknis tentang apa yang harus disiapkan oleh kampus utama dan sub kampus beserta persyaratan-persyaratannya untuk berpartisipasi dalam program Pendidikan Vokasi Berkelanjutan tersebut.

Pada sesi presentasi lainnya, tim ITB selaku salah satu kampus utama yang menjadi percontohan memberikan paparan singkat terkait dengan persiapan serta jadwal pelaksanaan program tersebut. ITB akan melakukan survey kesiapan sub kampus satu minggu setelah acara sosialisasi ini, dimana diharapkan bulan Mei dapat dilaksanakan seleksi masuk dan per Juni 2011 direncanakan akan dilaksanakan pembekalan selama 1 minggu.

Pada sesi Tanya jawab, pertanyaan berasal dari sub kampus dimana mereka mempertanyakan legalitas dari program ini serta komitmen dari Diknas. Disamping itu, mereka mengharapkan ada action-plan yang segera dipersiapkan demi menyukseskan program ini. Beberapa peserta mempertanyakan distribusi pembiayaan dan mengusulkan agar pola pembagiannya dapat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Program ini diharapkan dapat menjadi program vokasi berkelanjutan dari jenjang pendidikan sebelumnya, dengan mengharapkan kejelasan dari kurikulum yang ditawarkan.

Sebelum pertemuan ini dibubarkan, acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok berdasarkan kampus utama dan sub kampus. Pada dasarnya, mereka antusias untuk menyelenggarakan program ini. Beberapa sekolah yang belum terdaftar mengusulkan untuk bergabung dalam program tersebut. Masing-masing sub kampus diminta untuk melengkapi form isian dan dikirimkan secepatnya ke kampus utama serta perwakilan SEAMOLEC.

Pada diskusi kelompok Tim ITB, beberapa catatan penting diantaranya:

1.     Sub Kampus untuk FSRD ITB tidak hadir namun jika ada pertanyaan atau konsultasi bisa menghubungi Pak Intan RM FSRD ITB
2.     ITB Menjelaskan mengenai jadwal kegiatan seperti yang dipresentasikan oleh Pak Hilwadi
3.     Para Wakil Sub Kampus antusias untuk menyelenggarakan program PVB ini
4.     ITB Kampus Jatinangor bisa digunakan untuk perkuliahan PVB D1 ITB
5.     Ada SMKN Kerawang yang mau bergabung untuk program D1 ini
6.     Tim ITB akan mulai visitasi ke sekolah-sekolah mulai bulai april 2011 berdasarkan kesepakatan bersama, Bu Aciek berencana akan berkunjung ke SMKN 1 Losarang pada Selesa, 5 April 2011, Rabu, 6 April 2011 ke SMKN 2 Garut bersama Pak Andri FITB ITB Jurusan Survey Pemetaan, Hari Kamis, 7 April 2011 Bu Aciek STEI ITB, Pak Ketut dan Pak Andri FITB akan ke SMKN 1 Cirebon untuk sosialisasi dan penjelasan detail.

Untuk diskusi kelompok IPB, mereka mendiskusikan tentang:

  1. Kurikulum IPB berbasis atau berorientasi produksi. IPB tidak menekankan proses belajar mengajar mahasiswa terfokus hanya dalam kelas, karena yang penting bagaimana mereka bisa menghasilkan produk yang siap dijual di masyarakat.
  2. Bagi IPB, untuk beberapa jurusan, fasilitas penunjang dianggap kurang begitu penting. Yang diutamakan adalah praktikum dilapangan yang tidak harus di sub kampus.
  3. Sub kampus meminta IPB membuat jadwal kegiatan seperti yang ITB presentasikan.
  4. Yang mendesak yang ditekankan oleh IPB adalah bagaimana cari mahasiswa yang banyak karena beberapa program studi akan dimulai per juni 2011.
  5. Kurikulum, Guideline diharapkan disiapkan dari kampus utama.
  6. Untuk pembagian biaya perkuliahan, disarankan bahwa seamolec hanya menerima kurang lebih 5% yang awalnya 20%, karena biaya administrasi dan operasional akan lebih banyak ke kampus utama dan sub kampus serta seamolec mendapatkan dari banyak sub kampus.
  7. Mahasiswa diberikan pengantar Ilmu KKPI terlebih dahulu sehingga sisa masa perkuliahannya dapat memanfaatkan e-learning.
  8. Pada bulan April, IPB akan mulai melakukan sosialisasi ke sub kampus seperti Staff Survey.
  9. SMKN 1 Depok tertarik bergabung menjadi sub kampus dari IPB untuk jurusan Teknik Komputer

Tentang Timin Wae Yoo

I am a simple man
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s